Sistem penggerak roda mobil
FWD Front Wheel Drive
FWD adalah merupakan sistem penggerak roda depan mobil.
FWD merupakan istilah dalam otomotif yang memiliki kepanjangan singkatan dari Front wheel drive.
Tujuan ff dibuat penggerak roda fwd untuk mendapatkan biaya pembuatan mobil yang minimal (cost efisiensi) dengan biaya rendah pemeliharaan.
Kelebihan FWD penggerak roda depan mobil: Lantai kabin mobil akan terlihat datar, Harga mobil murah di bandingkan dengan model lainnya, Biaya part kendaraan lebih rendah tanpa gardan panjang.
Kelemahan FWD penggerak roda depan mobil: Mobil akan terlihat sangat rendah dengan jalan, Mobil mayoritas berukuran kecil, Tidak kuat berjalan nanjak di tanjakan sangat ekstreem, Sistem pengereman boros di bagian depan saat jalan di turunan.
Mobil sering mengalami gejala understeer saat ban dan pengereman tidak baik.
RWD Rear Wheel Drive
RWD adalah merupakan sistem penggerak roda belakang mobil.
RWD merupakan istilah dalam otomotif yang memiliki kepanjangan singkatan dari Rear wheel drive.
Tujuan fr dibuat penggerak roda rwd untuk mendapatkan daya angkut yang maksimal (efisien) dengan biaya rendah di perjalanan.
Kelebihan RWD penggerak roda belakang mobil: Mampu membawa beban berat, mobil sejuta umat untuk membawa muatan banyak, paling mudah untuk melakukan pengendalian drifting.
Kelemahan RWD penggerak roda belakang mobil: Mobil sering memiliki gejala oversteer saat kecepatan terlalu tinggi, Biaya mahal pemeliharaan kerusakan gardan, Kabin memiliki lantai yang tidak rata di bagian tengah, Mobil sering mengalami gejala oversteer saat kecepatan tinggi.
AWD All Wheel Drive
AWD adalah merupakan sistem penggerak roda semua ban secara dinamis mobil.
AWD merupakan istilah dalam otomotif yang memiliki kepanjangan singkatan dari all wheel drive.
Tujuan dibuat penggerak roda awd untuk mendapatkan perbedaan diferensial di setiap keempat putaran ban mobilnya.
Fungsi AWD mengurangi gaya gesek di roda bagian dalam saat akan berbelok, dan membantu mengurangi gejala understeer dan oversteer mobil.
Kelebihan penggerak roda AWD mobil: Banyaknya tombol otomatis penggunaan sistem roda, Teknologi paling baik di antara mobil lainnya, Kerusakan ban yang merata di setiap rodanya, Mobil stabil untuk di kendarai oleh pemula.
Kelemahan penggerak roda AWD mobil: Mobil akan kecil untuk di tumpangi, mobil berukuran lebih lebar dari kendaaraan normal, Terlalu banyak komponen elektronik, biaya pemeliharaan ekstra pada sistem kelistrikan, Membutuhkan dukungan sistem tambahan Kerjasama TCS dengan ABS.
4WD Four Wheel Drive
4WD adalah merupakan penggerak semua roda dengan metode traksi 4x4 konstan mobil.
4WD merupakan istilah dalam otomotif yang memiliki kepanjangan singkatan dari four wheel drive.
Tujuan dibuat penggerak 4 roda untuk mendapatkan traksi sempurna di jalan kondisi sulit, tidak merata, dan sampai banyak batuan besar.
4 roda di setiap sisinya memiliki putaran yang sama disisi kanan maupun sisi kiri.
4WD mobil 4x4 disebut transmisi double gardan memiliki arti empat roda yang digerakan oleh kedua gardan depan dan belakang.
Kelebihan penggerak roda 4WD mobil: Kendaraan mampu berjalan kondisi apapun, Mobil besar dan mampu membawa muatan sangat berat.
Kelemahan penggerak roda 4WD mobil: Kendaraan akan terasa limbung di kendarai dengan kencang, Mobil terlihat lebih tinggi di bagian roda, seperti duduk di atas kayu yang berguncang, bagian part mahal berada di sistem roda, kekurangan mobil 4WD 4x4 lebih berat, mobil 4x4 boros penggunaan bahan bakar mesin umumnya memerlukan sumber daya ekstra.
Perbedaan AWD dan 4WD
Apa saja letak perbedaan (beda) AWD dengan 4WD.
Perbedaannya AWD yaitu 2 roda sisi kanan dan kiri dapat berputar sesuai radius jalan dan perbedaan 4WD memiliki putaran roda yang konstan di kedua sisi roda kanan maupun pada roda sisi kiri.
Sehingga perbedaan AWD akan lebih baik dalam hal menikung sedangkan 4WD akan sedikit kesulitan.
Penyebab 4WD 4X4 tidak berfungsi
Adanya kerusakan pada aktuator sensor yang di sebabkan oleh usia pakai, terkena korosi serta kotor yang melekat, motor penghubung transimisi gardan mengalami masalah kerusakan karena tidak bergerak, dan sering telat melakukan pemeriksaan berkala karena keadaan waktu serta biaya.
Transmisi 4WD 4H 4L 2H
Perbedaan 4H dan 4L: 4H artinya untuk berjalan dengan empat roda bersamaan dalam kondisi kecepatan maksimal sedangankan 4L artinya di peruntukan untuk mobil berjalan dalam kondisi kecepatan yang dibatasi.
2H artinya mobil berjalan dengan kedua roda yang bergerak dengan kecepatan tidak di batasi.
Fungsi 4H 4x4 diterapkan untuk jalan yang memiliki keadaan kontur yang licin saat berjalan cepat sedangkan fungsi 4L 4x4 paling cocok untuk di terapkan dalam kondisi jalan berlumpur, berpasir bahkan berbatu.
Fungsi 2H 4x4 mobil berjalan hanya dengan kedua roda yang mendorong mobil dengan kondisi jalan umum seperti jalan aspal.
2WD Two Wheel Drive
2WD adalah merupakan penggerak roda dengan metode traksi 2x4 static.
2WD singkatan dari two wheel drive.
Kendaraan ini hanya memiliki traksi roda dengan standar beputar konstan 2 buah roda.
Umumnya mobil 2WD tidak memiliki LSD (limited slip differential) yang sering di temui pada model lama kecuali generasi baru.
Kelebihan penggerak roda 2WD mobil: Model lama tanpa LSD bisa berjalan meskipun bagian sisi roda masuk kedalam lubang jalan, Mobil tanpa LSD bisa dipakai untuk bermain drifting, Mobil dengan LSD akan menikmati traksi yang baik saat ditikungan jalan.
Mobil 2WD bisa menjadi traksi 4x4 untuk yang mempunyai pengaturan traksi.
Kelemahan penggerak roda 2WD mobil: Model lama tanpa LSD akan sulit dikendarai saat memasuki tikungan, Mobil tanpa LSD berat saat anda mendorongnya ketika mogok, Mobil dengan LSD ketika masuk lubang di sisi bagian roda akan berputar dan tidak bisa keluar dari lubang jalan yang berlumpur.
FWD atau RWD
FWD memiliki kemampuan yang baik saat melakukan akselerasi dari mulai 0 km atau RWD yang tidak memiliki kemampuan baik saat pertama kali berakselerasi.
FWD memiliki radius putar kemudi yang sangat lebar (putar balik cukup lebar) atau RWD yang mempunyai radius putar kemudi yang sempit (putar balik cukup baik).
FWD punya lantai kabin yang datar ditengah atau RWD yang memiliki lantai kabin terlihat tidak rata di bagian tengah kursi penumpang mobil.
FWD mayoritas memiliki ketinggian sangat rendah dengan jalan atau RWD yang terlihat tinggi dengan tanah.
FWD lebih sedikit murah untuk mengemat pengeluaran pembelian mobil atau RWD yang sedikit mahal untuk tipe body mobil yang sama hanya berbeda penggerak roda saja.
FWD akan kesulitan di tanjakan saat beban bawaan penumpang banyak atau RWD sangat mudah untuk melintasi jalan naik dengan membawa penumpang.
FWD akan lebih banyak memberikan beban roda depan dengan pengereman saat jalan menurun atau RWD yang memiliki keseimbangan gaya gesek ke 4 roda di jalan menurun.
2WD atau 4WD
2WD memiliki jarak tempuh yang lebih jauh atau 4WD yang lebih sedikit memiliki jarak tempuh untuk ukuran konsumsi bahan bakar kendaraan.
2WD sangat kurang baik digunakan sebagai kendaraan off road atau 4WD yang sangat mudah melintasi kondisi jalan off road.
Harga 2WD akan jauh lebih murah atau 4WD yang di kenakan pajak double gardan tambahan khusus dengan penggerak keempat roda.
Mobil FWD
Daftar mobil FWD tipe LCG seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Honda Brio, Suzuki Karimun Wagon R, Datsun Go.
Mobil FWD tipe LMPV seperti Suzuki Ertiga, Suzuki XL7, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina (model Xpander).
Mobil sedan FWD tipe entry level seperti Toyota Vios (limo taksi), Honda City, Suzuki baleno lama, Toyota soluna, Suzuki Swift sedan.
Mobil FWD di Indonesia
Audi Q3
BMW 218i Gran Coupe Sport
BMW X2
Daihatsu Ayla RMG HS
Daihatsu Ceria
Daihatsu Rocky
Daihatsu Sirion
DFSK Glory 580 Luxury
Honda Accord
Honda Brio
Honda BRV BR-V
Honda City
Honda Civic RS
Honda Civic Type-R
Honda CRV CR-V
Honda Hatchback City
Honda HRV HR-V
Honda Jazz
Honda Mobilio
Honda WRV WR-V
Hyundai Creta
Hyundai Palisade Prime
Hyundai Santa Fe
Hyundai Stargazer
Hyundai Staria
Lexus ES
Lexus LM
Lexus RX
Mazda CX-5
Mazda Mazda6
Mercedes GLB
Mercedes-Benz GLA AMG Line
Nissan X-Trail
Suzuki Ignis
Suzuki S-Presso 1.0L AGS
Suzuki SX4 S-Cross
Toyota Alphard
Toyota Calya E
Toyota C-HR
Toyota Raize
Toyota Vios
Volkswagen T-Cross
Wuling Cortez CT EX
Mobil RWD
Daftar mobil RWD tipe LMPV seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Wuling Confero, Suzuki APV.
Mobil RWD tipe LSUV seperti Toyota Rush, Daihatsu Terrios.
Mobil RWD di Indonesia
BMW i4
BMW Seri 2 Coupe
BMW Seri 3
BMW Seri 4
BMW Series 2 M Sport
BMW Series 8 M Technic
BMW X3 Xline
BMW Z4
Daihatsu Gran Max
Daihatsu Luxio
Daihatsu Terios
Daihatsu Xenia X AT 1.3
DFSK Gelora
Ferrari 296
Ferrari 488
Ferrari 812
Ferrari Roma
Ford Everest Trend
McLaren 720S
Mercedes Benz GLC-Class
Mercedes C-Class
Mercedes-Benz CLS
Mercedes-Benz V-Class
Porsche 718
Porsche 911 Coupe
Porsche Boxer
Subaru BRZ
Suzuki APV
Toyota 86
Toyota Avanza 1.3 E G CVT Veloz
Toyota Hiace
Toyota Supra
Toyota Rush
Wuling Confero S
FWD vs RWD vs 4WD
Kondisi start: FWD akan langsung melakukan akselarasi maksimal mengalahkan 4WD dan paling belakang RWD.
Kondisi menengah: 4WD akan lebih unggul karena traksi roda yang tidak memiliki selip dengan jalan sehingga akan meninggalkan RWD kemudian disusul belakang FWD.
Kondisi power maximal: Kemampuan rentang lebar akselerasi putaran tinggi mesin akan dimenangkan RWD untuk mengalakan 4WD sekaligus FWD saat memasuki tikungan dalam.
Kondisi tikungan mobil 4WD akan sangat kesulitan untuk melakukan manuver.
FWD juga akan kesulitan karena di perlukan torsi putaran mesin dengan memainkan rem.
Tikungan selalu menjadi milik RWD yang baik dalam melakukan drifting tanpa kesulitan.
Kondisi keluar tikungan: akan dikuasi oleh traksi FWD yang baik di akselerasi bawah untuk meninggalkan 4WD dan RWD saat keluar dari jalan kondisi menikung.
Kondisi menanjak akan di kuasai oleh 4WD yang tidak mudah kehilangan traksi.
Tidak seperti FWD yang sangat lemah untuk di jalan menanjak.
Bahkan FWD akan lebih jauh tertinggal dibelakang RWD.
Kondisi menurun: akan sangat mudah di lalui oleh RWD yang memiliki keseimbangan fungsional.
Mobil 4WD mungkin lebih baik dalam kondisi turunan hanya saja untuk kondisi normal.
Ketika kompetisi 4WD akan lebih buruk karena masalah beban kendaraan terbilang lebih berat.
FWD lebih bermasalah dalam pengereman dengan beban roda di bertumpuk semua ke bagian depan mobil.
Mobil 4WD di Indonesia
Audi A4
Audi A5 2.0 TFSI Sportback Quattro
Audi A5 Coupe
Audi A6 3.0 TFSI quattro
Audi A8
Audi Q5
Audi Q7
Audi Q8
Audi RS4
Audi RS5
BMW iX
BMW M5 Competition
BMW M8 Competition
BMW Seri 1Volvo XC90
BMW X3 M Competition
BMW X3 M Sport
BMW X4
BMW X5
BMW X6
BMW X7
Daihatsu Taft
Ferrari GTC4
Ford Everest Titanium
Hyundai Palisade CRDi Signature AWD AT
Isuzu mu-X
Jaguar F-Pace
Jaguar I-Pace
Jeep Wrangler
Kia EV6
Land Rover Defender
Lexus LX
Lexus NX
Maserati Levante
Mazda CX-9 2.5 AT AWD
Mercedes A-Class Hatchback
Mercedes A-Class Mercedes-AMG
Mercedes Benz GLS-Class
Mercedes Benz S-Class
Mercedes CLA
Mercedes GLA Mercedes-AMG
Mercedes GLC Coupe
Mercedes GLE
Mercedes-AMG GT
Mercedes-Benz G-Class
Mercedes-Benz GLE Coupe
Mercedes-Benz GLS
Mini Clubman John Cooper Works
Mini Countryman John Cooper Works
Mitsubishi Lancer X
Mitsubishi Outlander
Mitsubishi Pajero Sport GLX
Pajero Sport 2.4 Dakar 4x4 8 A/T
Porsche 911 Convertible
Porsche 911 Targa S
Porsche Cayenne
Porsche Macan
Porsche Panamera
Porsche Taycan
Range Rover Evoque
Subaru Forester
Subaru XV
Suzuki Jimny
Toyota Fortuner 2.8 GR Sport A/T 4x4
Toyota Land Cruiser
Volvo XC60
Mobil AWD di Indonesia
Hyundai Palisade CRDi Signature AWD AT
Subaru XV
Mazda CX-9 2.5 AT AWD
Subaru Forester
Letak Transmisi dan Mesin
Dimanakah letak oli transmisi manual yang terletak di posisi depan atau belakang.
Contoh kendaraan tipe FF (FWD) letak transmisi berada dibawah mesin bagian depan dengan diantara poros penghubung kopling memutarkan gardan depan pakai diferensial (LSD).
Pada kendaraan tipe FR (RWD) letak transmisi berada dibawah mesin bagian depan dengan di antara poros penghubung kopling menyambung gardan belakang untuk menyalurkan output roda belakang menggunakan diferensial (LSD).
Pada kendaraan tipe MR or RR (RMR) letak transmisi berada dibawah mesin bagin tengah dengan di antara poros penghubung kopling menggerakan gardan belakang untuk mengeluarkan output roda belakang memakai diferensial (LSD).
Pada kendaraan tipe 4wd (AWD) letak transmisi berada dibawah mesin bagian depan dengan di antara poros penghubung kopling menggerakan gardan depan sekaligus belakang untuk menghasilkan output roda belakang memakai diferensial (LSD).
Simbol D P Transmisi Matic
Gigi D1 ada untuk jalan menanjak tinggi,
fungsi D2 untuk berjalan pelan saja,
D3 untuk melaju dengan kecepatan maksimal, D4 untuk kecepatan maksimum transmisi,
simbol D (drive) saja untuk fungsi matic otomatis,
simbol P (parking) untuk parkir ditempat dengan hand brake terkunci roda, tombol unlock P parkir tidak terkunci roda,
Simbol R (reverse) mobil terhubung bergerak mundur.
- FWD Front Wheel Drive
- RWD Rear Wheel Drive
- AWD All Wheel Drive
- 4WD Four Wheel Drive
- Perbedaan AWD dan 4WD
- Penyebab 4WD 4X4 tidak berfungsi
- Transmisi 4WD 4H 4L 2H
- 2WD Two Wheel Drive
- FWD atau RWD
- 2WD atau 4WD
- Mobil FWD
- Mobil FWD di Indonesia
- Mobil RWD
- Mobil RWD di Indonesia
- FWD vs RWD vs 4WD
- Mobil 4WD di Indonesia
- Mobil AWD di Indonesia
- Letak Transmisi dan Mesin
- Simbol Transmisi Matic
Comments