Disc brake piringan cakram

Disc Brake

Piringan cakram pada mobil atau motor adalah sebuah komponen bulat bundar yang memiliki fungsi untuk menghentikan laju kendaraan bermotor saat berjalan.

Jenis Disc Brake

Jenis material komponen disc brake atau komponen piringan cakram pada mobil atau motor:


Fixed aluminium disc

1. Fixed aluminium disc brake adalah piringan cakram kendaraan menggunakan bahan aluminium yang diperkenalkan tahun 1980.



Cast iron floating disc brake

2. Cast iron floating disc brake adalah piringan cakram kendaraan menggunakan bahan cor besi yang diperkenalkan tahun 1985.


Steel floating disc brake

3. Steel floating disc brake adalah piringan cakram kendaraan menggunakan bahan campuran baja yang diperkenalkan tahun 1990.


Carbon floating disc brake

4. Carbon floating disc brake adalah piringan cakram kendaraan menggunakan bahan carbon yang diperkenalkan tahun 2000.


Carbon floating disc brake with increased braking surface

5. Carbon floating disc brake with increased braking surface adalah piringan cakran kendaraan menggunakan bahan carbon yang ditingkankan untuk memindahkan posisi panas yang diperkenalkan pada tahun 2014.

Pentingnya Disc Brake

Ukuran disc brake besar menjadi kunci rem bekerja maksimal dalam penggunaannya alias piringan rem cakram yang bagus atau pakem.
Material disc brake menjadi kunci ketahan menghadapi gaya gesek, dan panas agar bentuk disc brake tetap bertahan lama saat dipakai di kondisi ekstrim seperti balapan.

Contoh Disc Brake Ganda

Contoh Disc Brake Ganda

Kusus disc brake atau piringan cakram pada mobil dibuat dua lapisan dengan tetap memiliki rongga pada bagian tengah dari kedua sisi. Fungsi dibuat rongga ini memiliki fungsi dan tujuan untuk membuat aliran udara masuk agar tetap mendinginkan piringan cakram saat bekerja.

Ciri piringan cakram rusak dan tanda disc brake harus ganti

Permukaan piringan sudah terlalu tipis untuk dibubut dan digunakan kembali
Piringan cakram tidak rata akibat usia pakai sudah lama
Terdapat korosi berat pada material penyangga breket atau baut dudukan piringan cakram.

Cara mengatasi piringan cakram rusak atau meratakan piringan cakram tidak rata pada motor atau mobil

Cukup dengan datang ke bengkel bubut yang bisa mengerjakannya, karena bahannya masih berupa baja, dan masih bisa dibubut dengan batas toleransinya.
Namun untuk kasus piringan cakram berbahan karbon tidak dapat dibubut melainkan mengganti atau membuat sendiri saja.

Penyebab Roda Ban Bergerak Sendiri

Saat melakukan pengereman biasanya di sebabkan bentuk dari dimensi disc brake atau piringan cakram yang sudah bergelombang berat sehingga menyebabkan penyangga roda bergerak.

Disc Brake yang Bagus dan Piringan Cakram yang Bagus

Tentu saja yang berbahan keras, kuat, tidak mudah panas seperti karbon dan disc brake atau piringan cakram yang bagus harus memiliki diameter lingkaran yang besar mendekati ukuran pelek / velg. Anda dapat melihat contohnya pada ajang Moto GP.

Comments