Kerja Minyak Rem atau Brake fluid DOT
Manfaat fungsi minyak rem pada motor / mobil adalah
sebuah cairan yang dipergunakan untuk menggerakan hidrolik dengan bahan kimia
dengan standar DOT (Department Of Transportation):
- Brake fluid DOT 3. Minyak Rem DOT 3 dengan titik didih mencapai 205 ° C (401 ° F) dengan bahan poliglikol-eter bersifat higroskopis (menyerap air 3.7%)
- Brake fluid DOT 4. Minyak Rem DOT 4 dengan titik didih mencapai 230 ° C (446 ° F) dengan bahan poliglikol-eter bersifat higroskopis (menyerap air 3.7%)
- Brake fluid DOT 5. Minyak Rem DOT 5 dengan titik didih mencapai 260 ° C (500 ° F) dengan bahan silikon (polisiloksan diorgano) dan menyerap sedikit udara.
- Brake fluid DOT 5.1. Minyak Rem DOT 5.1 dengan titik didih mencapai 260 ° C (500 ° F) dengan bahan poliglikol-eter bersifat higroskopis (menyerap air 3.7%)
Catatan Penting:
- Bahan silikon tidak boleh bercampur poliglikol-eter yang bersifat korosi
- Sifat bahan poliglikol-eter dapat merusak cat
- DOT 3,4,5.1 dapat dicampur karena memiliki bahan sejenis
Letak tempat posisi tabung minyak rem:
- Pada motor akan terlihat jelas bersebelahan dengan tuas handle rem
- Pada mobil akan berada di sebelah sisi kap mesin dekat dengan tuas handle rem
Sifat minyak rem
- Struktur harus anti korosi (tidak membuat besi jadi korosi)
- Tidak menyerap air lewat suhu
- Tahan panas dari caliper (tidak mudah menguap)
- Dapat merusak cat dan plastik
- Berbahaya bagi kulit manusia
Warna minyak rem yang paling sering dijumpai:
- DOT 3 Warna merah
- DOT 4 Warna Kuning terang
- DOT 5 Warna Kuning Gelap/ungu
- DOT 5.1 Warna Kuning terang
Penyebab minyak rem kotor disebabkan anda tidak mau membersihkan kaliper saat melakukakan penggantian kampas rem dan anda langsung menekan piston kaliper yang kotor terbawa masuk melalui seal karet.
Minyak rem diganti setiap kali anda melakukan penggantian kanvas rem sangat disarankan namun anda masih boleh menggunakannya bila minyak rem tidak mengandung air atau terdapat udara.
Minyak rem dot terbaik adalah dengan memperhatikan kualitas material kaliper, selang, master cylinder, Karet seal dengan saran rekomendasi pabrikan naik satu tingkat dari DOT 3 ke DOT 4 yang dibuktikan tertulis pada tutup minyak rem.
Minyak rem paling bagus untuk motor harian dengan kecepatan dibawah suhu panas disk brake hanya mencapai DOT 4 saja dan untuk merek bebas dengan memperhatikan standar rekomendasi tertulis dari pabrikan.
Minyak rem paling bagus untuk mobil harian biasa pabrikan memberikan DOT 4 saat pertama kali beli mobil dan bila ingin meningkatkan menjadi DOT 5.1 yang berbahan sejenis.
Cara mengganti minyak rem
- Buka tutup tabung minyak rem pada master cylinder
- Buka tutup baut pembuangan minyak rem pada kaliper
- Pasangkan selang tambah dan sedot dengan pompa seukuran selang (mirip semprotan nyamuk hanya saja ini menyedot minyak rem)
- Tarik minyak rem sampai tidak terdapat udara pada selang
Cara merawat minyak rem
- Perhatikan warna minyak rem terakhir kali ganti bewarna apa
- Ganti setiap sambungan selang yang retak
Bahaya mengganti minyak rem DOT 3 ke DOT 5.1 lompat 2 step:
- Karet vakum pada master cylinder bisa robek karena tidak mampu menahan panas dari bahan cairan.
- Tuas rem terasa tertekan dalam
- Respon pengereman agresive dari yang seharus kemampuannya
Cara membuat minyak rem sendiri untuk DOT 3 dengan bahan Polyethylene oxide, glycol ether dan anti karat. Namun membuat sendiri tidak disarankan karena dapat memicu ledakan dan masalah kerusakan lingkungan jika takaran material tidak sempurna. Lebih baik beli saja yang sudah jadi karena lebih murah daripada membuat sendiri minyak rem.
Merek minyak rem yang tidak merusak besi tempat master rem hanya cukup dengan menyamakan kode yang tertulis di body rem biasanya tertulis DOT 3 or DOT 4. Saat membeli minyak rem di toko sebaiknya harus memperhatikan kode yang tertulis.
Comments