Manifold Absolute pressure (MAP) vs Mass Air Flow sensor (MAF)

Manifold Absolute pressure (MAP) sensor adalah alat device elektronik yang berfungsi mengukur jumlah volume dan mendeteksi kecepatan udara yang melewati intake manifold. Fungsi alat ini memberikan informasi kepada ECU untuk menentukan kapan waktu pengapian menyala dan berapa besar volume bahan bakar yang akan disemprotkan ke ruang bakar silinder. Mass Air Flow sensor (MAF) adalah alat device elektronik lebih kepada derajat suhu dan volume tekanan udara yang akan masuk keruang bakar.

Perbedaan letak beda MAP vs MAF

  • Manifold Absolute pressure (MAP) posisi berada pada intake manifold dekat dengan ruang pembakan mesin dan sering di pasang pada mesin silinder tunggal motor
  • Mass Air Flow (MAS) sensor letaknya dekat dengan filter penyaring udara masuk dan biasanya untuk digunakan pada silinder 2 atau lebih

Kelebihan

  • MAS lebih aktual dalam memberikan informasi udara (otomatis)
  • MAP lebih irit

Kelemahan

  • MAS lebih boros karena harus menyesuaikan suhu (saat udara dingin lebih banyak bensin)
  • MAP sudah ditentukan saat disetel dan memiliki perbedaan torsi saat suhu udara dingin dan pans

Penyebab kerusakan MAP / MAF:

  • Komponen tertutup partikel carbon membuat korosi
  • Listrik perangkat tidak stabil
  • Terkena panas lebih

Comments