Battery

Bingung pilih aki? Aki Basah, Kering atau jeli ? dilihat dari bentuknya yang mirip kotak memanjang memiliki fungsi penyimpanan arus listrik arus searah (direct current) yang di hasilkan dari energi kinetis arus bolak balik (alternator current) oleh dynamo spul.

Dilihat kualitas basah, dry battery atau jeli

Saat digunakan yang paling memiliki fleksibiltas tinggi tentu saja yang jenis jelly battery, kenapa bisa? air aki tidak kemana mana seperti aki basah. Kenapa bisa disebut gel, itu juga pakai air? sebenar bahan utamanya sama dengan wet battery menggunakan cairan asam sulfat hanya saja dia menggunakan tambahan seperti kapas anti terbakar jadilah disebut gel.

Untuk aki basah biasa disebut sebagai maintenance free (MF) sifatnya sebenar sama saja dengan aki basah hanya saja terlihat kering tapi sebenarnya basah juga. Karena sifatnya yang bebas pemeliharan makanya di sebut kering padahal ya basah juga.

Kalau aki basah menggunakan cairan asam sulfat juga tapi dengan sifat mudah menguap itulah kenapa selalu ada selang panjang untuk membuang uap air. Jika airnya terkena bagian kendaraan pasti akan rusak terkena korosi bila tidak langsung dibersihkan. Pemeliharaan wajib dilakukan setiap seminggu sekali untuk melihat batas rendah cairan aki tersebut.

Dari semuanya pilihan aki tentu yang paling mudah perawatan adalah tipe aki kering atau jel. Kebanyakan motor sekarang juga minimal sudah menggunkan aki kering karena letak posisinya biasanya dibawah jok, ada yang tertutup cover atau langsung terlihat pada saat dibuka jok.

Solusi merawat aki sebenar ada pada cairan elektronik yang harus masih tersedia untuk diguanakan jangan samapi kering. Bila anda pakai aki basah atau gel anda bisa menambahkan sendiri sesuai jenis nya. Kebanyakan aki kering tidak bisa di isi cairan elektronik akibat cover penutup dibuat rapat dan memiliki lubang kecil seukuran jarum untuk menguap. Kenapa Aki kering tidak bisa di isi air? sifatnya yang sekali pakai membuatnya tidak bisa di isi. Jika anda mengisi hanya akan percuma karena komponen separator sudah mengalami korosi tertutup kerak dan pecah oleh asam sulfat. Solusinya hanya beli baru.

Masalah aki cepat rusak sebenarnya karena anda tidak pernah mengecek kondisi kiprok yang fungsi mengubah arus AC ke DC untuk aki menyimpan arus tegangan dan pemutus arus saat baterai penuh.

Comments