Amperage Starter Dynamo

Pengertian

Dinamo Stater Amper (bahasa inggrisnya Amperage Starter Dynamo) adalah benda yang berbentuk tabung yang dapat menghasilkan listrik yang terhubung dengan poros mesin untuk mendapatkan aliran listrik dari mesin mobil (dinamo amper), dan dinamo stater untuk menghidupkan mesin.
Letak dinamo (kopling magnet) berada tepat di samping sebelah mesin untuk itu jangan dipegang saat kondisi panas.

Kelebihan

Kelebihan adanya sistem magnetic clutch dapat memberikan udara sejuk didalam mobil dengan menggunakan pedingian udara dari freon yang dicampurkan dengan udara didalam ruangan mobil.
Keuntungan memberikan aliran listrik mobil untuk mengisi battery, menghidupkan AC, menyalakan lampu, dan menyetel perangkat elektronik lain nya yang menyatu di dalam mobil

Kelemahan

Kelemahan penyebab magnetic clutch cepat rusak karena sering memainkan tombol putaran ac kemode tinggi rendah hanya untuk sekedar menghemat konsumsi bahan bakar mobil.
Biaya pengeluaran yang diperlukan cukup besar karena sekali membuka magnetic sekaligus isi freon dan kuras tangki kondensator AC.
Dampak yang dihasilkan dari magnetic clutch eror, pendingin ac tidak dapat bekerja dengan baik sebagai mana mestinya.
Ketika dinamo amper rusak mobil akan kehilangan sumber daya listrik utama untuk menghidupkan mesin.
Kekurangan dinamo stater ketika rusak mobil kamu tidak bisa di menyalakan mesin sampai battery habis

Fungsi

Fungsi dinamo stater menghidupkan mesin, dinamo amper menghasilkan listrik untuk membuat mesin bekerja melakukan pembakaran internal.
Fungsi kopling magnet sebagai penghubung antara putaran mesin dengan kompresor AC untuk menekan gas freon keluar yang saling terhubung dengan sirkulasi udara luar menjadi udara dingin di dalam kabin mobil.
Fungsi magnetic bekerja untuk mengatur kecepatan perputaran kompresor AC.

Cara Kerja

  • Hidupkan mesin mobil,
  • Dinamo stater motor memuturkan mesin,
  • Mesin berputar,
  • Vanbelt berputar menarik pulley mengikuti putaran mesin,
  • Mesin membuat dinamo amper berputar,
  • Dinamo Magnetic Cluth mengeluarkan listrik,
  • Listrik yang dihasilkan disimpan dalam battery,
  • Controler menjalankan listrik koil membaginya ke kondensator, ECU, Sensor, elektronik audio,
  • Dan kembali menghidupkan mesin.
Dynamo Car
Gambar dinamo amper mobil (generator listrik atau alternator) model konvensional

Komponen Starter Dynamo

  • Bypass Signal Terminal,
  • Motor Feed Terminal,
  • Plunger Contact Disc,
  • Selenoid Windings,
  • Return Spring,
  • Plunger,
  • Sift Fork,
  • Pivot Pin,
  • Drive and Frame,
  • Pinion Gear,
  • Over Running Clutch,
  • Field Frame,
  • Pole Shoe,
  • Armature,
  • Ground Brush,
  • Brush Spring,
  • Field Brush,
  • Commutator and Frame.
Starter Dynamo
Gambar Dinamo Stater

Komponen Amperage Dynamo

  • Terminal Insulators,
  • Rear bearing,
  • Rear Housing,
  • Brush Retainer,
  • Springs,
  • Brushes
  • Diode Plates,
  • Printed Circuit Board,
  • Stator,
  • Rotor,
  • Stop Ring,
  • Bearing Spacer,
  • Retainer,
  • Front Bearing,
  • Front Hounsing,
  • Fan Spacer,
  • Fan,
  • Lock Washer,
  • Nut.
Amperage Starter Dynamo
Gambar Dinamo Amper

Kompresor AC

Kompresor AC dapat bertahan di antara 5 sampai dengan 10 tahun sesuai dengan masa pakai AC setiap hari harinya.
Pemilik mobil hanya perlu mengisi setiap kondisi AC sudah mulai tidak terasa dingin yang memiliki ciri tanda bahwa freon mobil sudah habis.
Pengisian freon dapat dilakukan di jasa yang menjual udara freon khusus untuk mobil.
Penyebab AC mobil tiba tiba panas (tidak sejuk, tidak dingin) umumnya terjadi kebocoran udara pada area selang kondensator yang menjadikan freon bercampur dengan udara panas mesin.
Idle up kompresor mengikuti kecepatan putaran mesin dan bantuan dari listrik aki, untuk itu gunakan seperlunya saja.

Perbaikan

Perbaikan dapat dengan membuat lilitan ulang kumparan dengan kawat tembaga baru yang murni untuk mengahasilkan magnet kuat dari model tiga fase.
Semakin lilitan banyak dangan fasa meningkat akan memberikan sumber listrik yang besar.
Namun perlu diingat semakin besar semakin boros pula konsumsi bahan bakar yang dikeluarkan.
Kerusakan magnet hanya cukup menggantinya saja.
Ketika carbon brush habis listrik tidak dapat dihasilkan walaupun dinamo berputar dengan keadaan tanpa kerusakan.

Comments