Motor Matic
Cara Belajar
Motor matic adalah kendaraan mesin motor dengan roda dua yang didesain menggunakan perpindahan transmisi otomatis mengunakan van belt CVT yang terhubung di poros mesin bagian depan dengan menggerakan bagian handle gas saja.
Merek di Indonesia
- Honda
- Yamaha
- Suzuki
- Vespa
Motor Honda
- Honda BeAT,
- Honda Activa 6g,
- Honda Aviator,
- Honda BeAT Street,
- Honda CHF50,
- Honda Genio,
- Honda Forza 250,
- Honda Scoopy,
- Honda Vario 125,
- Honda Vario 160,
- Honda ADV 150,
- Honda ADV 160,
- Honda X-ADV,
- Honda Dio,
- Honda PCX,
Motor Yamaha
- Yamaha Fazzio Hybrid-Connected,
- Yamaha Aerox 155vva,
- Yamaha Fascino,
- Yamaha ZR Ray Disk,
- Yamaha Gear 125,
- Yamaha Freego,
- Yamaha X-Ride,
- Yamaha Soul,
- Yamaha GT,
- Yamaha Mio GT,
- Yamaha Mio M3,
- Yamaha Fino,
- Yamaha Nmax
- Yamaha XMAX Connected,
- Yamaha ALL NEW NMAX 155,
- Yamaha XMAX Connected,
- Yamaha LEXI,
- Yamaha Zuma 125,
- Yamaha Grand Filano 125,
Motor Suzuki
- Suzuki Avenis 125,
- Suzuki Access 125,
- Suzuki Burgman Street,
- Suzuki Let's,
- Suzuki Nex 2,
- Suzuki Nex Crossover,
- Suzuki Address F1,
- Suzuki Address Playful,
Vespa
- GTS 150 I-Get ABS,
- GTS Super 150 Limited Edition I-Get ABS,
- GTS Super Tech 300,
- GTS 75TH Anniversary,
- Sprint 150 I-Get ABS,
- Sprint S 150 I-Get ABS,
- Sprint 10TH Anniversary,
- Primavera 150 I-Get ABS,
- Primavera S 150 I-Get ABS,
- Picnic 150 I-Get ABS,
- Primavera 75TH Anniversary,
- S 125 I-Get,
- LX 125 I-Get,
- LX 125 I-Get Special Edition,
- RED,
- 946 Christian Dior,
Rekomendasi harga murah cuma jutaan, mahal, paling irit, jadul, terbaru, bekas, kencang, terbaik, tercepat.
Kelemahan
Kelemahan motor matic boros BBM saat di angkatan pertama,
Kekurangan motor matic pengereman tidak baik jika single disc brake,
Kerugian matic ganti oli mesin dan oli gardan motor,
Penggantian berapa CVT lumayan mantap sekali ganti.
Kelebihan
Kelebihan ruang penyimpan lebih besar dari motor jenis lain,
Keunggulan karena ada pilihan model gaya bagi orang pendek (imut),
Kekuatan mudah untuk di kendarai oleh siapapun.
Cocok untuk tinggi badan di bawah 160 cm.
Pemula
Bagi pemula yang baru belajar mengendarai memakai motor matic harus menguasai tuas gas (menarik yang benar) terlebih dahulu.
Belajar menggunakan rem (mengerem) terlebih dahulu dengan baik karena motor matic rem nya model agak los dol seperti tidak pakem.
Membawa teman untuk mengajari yang memiliki pengalaman instruktur, tips, trik, tutorial, dan latihan stop n go.
Waktu
Waktu kursus tingkat pro yang dibutuhkan untuk berkendara motor matic hanya membutuhkan durasi main tidak lebih dari 10 menit terkencang di dunia.
Waktu nyaman yang dibutuhkan baru belajar mengendarai bisa mencapai 30 menit karena sambil menjelaskan agar cepat bisa, tidak kaku, belok aman, dan jago (mahir).
Di Tanjakan
Menggunakan motor matic di tanjakan agar kuat sebaik tidak membawa muatan berat yang berlebihan karena motor sedikit kesulitan untuk menanjak dengan cc kecil.
Bagi motor matic besar dan berat usahakan kaki sampai ke tanah untuk menahan beban anda dan penumpang termasuk (anak dan istri).
Daerah pegunungan harus siap melakukan gerakan manuver zigzag (membelokkan) kerena ini sangat cocok dan membantu.
Jenis volume silinder besar sangat mumpuni sebagai motor matic tangguh di segala medan dengan kondisi jalan menanjak.
Di Turunan
Agar berkendara aman di jalan menurun bagi motor matic sebaiknya diusahakan tidak menggunakan tuas gas.
Gunakan rem kanan dan kiri secara bersama sama saat berjalan menurun jangan depan saja.
Lakukan berjalan zigzag saat kondisi rem mulai terasa ngempos saat touring di jalan raya.
Tabrakan motor matic kepada benda yang tidak terlalu keras untuk menghindari bahaya kecelakaan.
Cewek
Bagi wanita yang baru belajar motor dengan tanpa bisa naik sepeda goes itu sudah biasa dan banyak terjadi.
Tapi perlu di ingat ketika terburu buru usahakan sudah menguasai keseimbangan motor nya jangan sampai membahayakan terutama emak emak.
Untuk gadis kalo ketemu jalan tidak rata di upayakan naik dengan pelan jangan langung main gas saja nanti jatuh sakit.
Lampu Merah dan Macet
Motor matic memiliki sakelar idle stop engine itu di fungsi kan agar bahan bakar irit di jalan raya kota yang padat rambu lalu lintas lampu merah sekaligus macet.
Dahulukan pejalan kaki yang menyebrang jalan seperti perempuan, nenek, disabilitas, dan kakek saat di perlitasan zebra cross.
Menyalakan Mesin
Mengoperasikan dengan menaikan standar samping dahulu.
Tekan tuas rem belekang.
Baru tekan sakelar on (menghidupkan).
Setelah itu tinggal jalan terus.
Mematikan Mesin
Untuk motor matic model lama hanya dengan mematikan mesin dengan kunci ke mode off.
Model baru hanya tinggal menurunkan standar samping kemudian setelah itu kunci kontak off.
Keamanan dan Surat
Pakai helm yang punya bagian depan seperti topi untuk menghindari benturan di wajah.
Nanti kena luka wajah cantik dan gantengnya hilang.
Pakai sarung tangan yang memiliki serat kasar agar tidak licin di tangan saat pegang handle gas.
Bawa perlengkapan surat kendaraan seperti sim c, sim d, dan STNK buat motor jangan salah bawa dokumen.
Pakai jaket yang di khusus kan untuk di cuaca panas dan dingin biar tidak masuk angin.
Jangan lupa membawa mantel jas hujan di letakan di bawah jok.
Perawatan
Ganti oli setiap kendaraan sudah menempuh jarak 2.000 km karena oli tersebut membuat boros bensin.
Membeli oli dan v belt saat sudah terasa bersuara keras.
Ganti karet van belt yang sudah aus dengan baru dan jangan tunggu putus dari pada dorong di jalan.
Selalu lakukan pemeriksaan agar komponen awet.
Kencangkan rem bagian kiri melalui tuas putar yang terhubung dengan tromol belakang.
Modifikasi tanpa bor up membuat motor matic lebih aman dan hemat.
Merawat baut dan mur yang sudah mulai terlihat kendur.
Jarak Jauh
Pria itu pakai matic yang memiliki tenaga besar dan bandel mesinnya
Bawa perlengkapan jas hujan setiap harian.
Tidak lupa memilih rute touring yang harus di tempuh (lihat yang sedang trend).
Bawa tool motor yang diperlukan, siapa tahu pas rusak.
Istirahat sejenak ketika badan sudah lelah.
Standing
Cari daftar aplikasi jalan yang rata dan sepi dari lalu lintas.
Persiapkan motor dengan ancang ancang siap standing up.
Duduk di bagian belakang jok motor.
Kemudian langsung gas itu motor.
Kaki langsung turun ke tanah untuk menjaga keseimbangan.
Banjir
Cari jalan yang terlihat tinggi dari air.
Jauhi jalan yang dekat dengan saluran air.
Arahkan kendaraan menerjang arus banjir.
Buat jarak dengan kendaraan didepan kamu.
Gas dengan tinggi sambil mengerem sedikit biar air gak masuk knalpot.
Comments