kiprok rusak

Mungkn dari teman-teman yang tidak mengerti mengenai kiprok rusak itu seperti apa.
Kiprok itu namanya rectifier regulator arus ac berubah ke dc.

Anda bisa mengikuti cek kondisi pakai cara saya yang bolak balik mengganti regulator kiprok.
Hehehe, maklum motor tua rusak karena overheating kiprok.

Ciri-ciri penyebab kiprok mulai rusak pada mobil / motor rusak atau tidak.

Tegangan listrik saat mesin menyala tidak sampai 13 volt.
Kiprok terasa lebih panas saat motor berjalan sebentar.
Aki tidak terasa panas saat mesin hidup.
lampu terasa redup dan sesekali berkedip saat berjalan.
Tarikan gas mulai 4500 RPM terasa brebet.
Saat mesin hidup Idle control terasa tinggi padahal gas tidak ditekan.

ketika kiprok mati total biasanya terasa dingin saat dipegang.
Rusak pada arus daya DC biasanya kiprok terasa panas dan berbau gosong.

Itu sedikit cerita pengalaman dari saya yang terbiasa berkendara dan selalu memperbaiki sendiri jika terjadi kerusakan.
Penyebab utama datang dari over kapasitas listrik kebanyakan lampu tambahan dan klakson besar.

Memperbaiki tinggal dibuka dari belakang cabut pcb lihat bagian arus bolak penyearah yang kotak 3 kaki kecil.
Masih bingung tinggal balik pcb mana yang terlihat sambungan circuit menghitam.

Comments