Beban perlengkapan

Beban perlengkapan bahasa inggris nya office supplies expenses adalah biaya yang harus di keluarkan untuk membeli perlengkapan kantor supaya operasional berjalan dengan nilai masa manfaatnya pendek.
Contoh beban perlengkapan pulpen, pensil, penghapus, staples, map, kertas, hvs, amplop, kabel, usb, remot, selama nilai ekonomis nya kecil bagi kamu.

Jurnal umum

Contoh soal dibeli dari toko perlengkapan kerja untuk satu bulan senilai 650 ribu dibayarkan bulan depan tanggal 5.

Pencatatan tagihan dalam nota hutang invoice
[D]Beban perlengkapan650.000
[K]Hutang650.000

Pembayaran nota hutang perlengkapan
[D]Hutang650.000
[K]Kas atau bank650.000

Perlekapan termasuk akun debit bukan akun kredit, nomor akun diurutkan saja sesuai soalnya di pertanyaan.

Jurnal penyesuaian pembalik

Ketika nilainya besar perlengkapan masuk aset bukan masuk akun beban
Contoh soal terjadi pembayaran lebih 50 ribu dan sudah tercatat bisa dikoreksi dengan jurnal

[D]Beban perlengkapan500.000
[K]Kas atau bank500.000

Jurnal penyesuaian beban perlengkapan yang keliru dicatat, pastikan saldo dalam buku kas nilainya sama dengan yang ada di tangan.

[K]Kas atau bank50.000
[D]Beban perlengkapan50.000

Comments