Diferensiasi produk
Apa itu artinya yang di maksud dengan pengertian dari diferensiasi produk (Product differentiation) adalah upaya dari strategi marketing yang dilakukan pengusaha untuk melakukan proses pembedaan sepesifikasi produk, dan layanan jasa menarik agar dapat merebut hati konsumen di pasar tertentu demi mengalahkan pesaing pengusaha.
Strategi diferensiasi produk
Bebarapa manfaat yang diperoleh dari melakukan strategi diferensiasi produk atau jasa dalam kegiatan usaha sbb:
Mencari segmen baru dalam pasar yang belum terjangkau oleh pesaing
Mengurangi persaingan yang ketat dengan pengusaha lain di kategori sama
Membuat nilai lebih atas kualitas produk serta layanan agar dapat menjadi daya tarik bagi konsumen
Produk bisa dikenal lebih luas, dan dapat menjangkau keseluruhan konsumen.
Contohnya diferensiasi produk
Apple iphone dapat mengganti OS hanya dengan satu ID sampai beberapa tingkat dengan harga mahal asalkan sepesifikasi perangkat masih menjangkau ketentuan minimal sedangkan handphone samsung lebih melakukan diferensiasi pada layar smarphone dengan kualitas AMOLED.
Kelebihan strategi diferensiasi produk atau keunggulan strategi diferensiasi produk yang diperoleh bila menerapkan fokus ke strategi diferensiasi produk, diantaranya:
Mendapatkan R and D (research and development), engineering, dan inovasi yang kreativitas yang kuat
Kerjasama yang baik dengan saluran distribusi
Keahlian pemasaran yang kuat untuk mendapatkan konsumen baru
Kelemahan strategi diferensiasi produk atau kekurangan strategi diferensiasi produk yang diperoleh bila menerapkan fokus ke strategi diferensiasi produk, diantaranya:
Harga jual yang ditawarkan akan sedikit lebih mahal karena memilki keunggulan
Investasi yang dikeluarkan lebih tinggi untuk membuat inovasi
Comments