Busi spark plug
Pengertian Busi
Busi (spark plug) adalah bagian suku cadang dari pembakaran ruangan mesin kendaraan untuk menggerakan piston dengan membakar campuran kompresi udara dan bensin. Busi (spark plug) dapat membuat sistem pengapian dari mesin menjadi lebih baik, fokus dan mampu menyempurnakan pembakaran menjadi lebih efisien.
Bahan bakar yang dibakar oleh busi berupa hidrokarbon (minyak dari fosil beserta campuran udara bertekanan kompresi padat).
Kapan waktu nya busi memercikkan bunga api dalam proses pembakaran bahan bakar diruang bakar saat piston berada dipuncak kompresi.
Model Busi
Busi, memiliki dua model busi dengan jenis (busi non-resistor dan busi resistor):
Busi Non Resistor. Busi non resistor biasa sering dikususkan untuk pembakaran dengan sistem pengapian (CDI Platina) dari model kendaraan lama.
Busi Resistor. Busi Resistor saat ini lebih sering dijumpai dengan kode simbol "R" yang memiliki arti ada komponen resitor dibagian dalam busi untuk mengurangi noise gelombang elektro magnet yang dapat mengganggu kinerja komponen lain seperti ECU, Fuel Pump.
Cara Kerja Busi
Spul memberikan sumber listrik kepada CDI/ECU dan Pulser memberikan timming waktu saatnya untuk melakukan pembakaran kepada CDI/ECU.
Setelan CDI/ECU dapat memberikan penyesuaian koreksi untuk memajukan waktu pembakaran atau memundurkan waktu pembakaran yang diteruskan kepada koil.
Koil akan memberikan lonjakan arus tegangan AC berlipat kepada busi.
Elektroda busi akan memicu pembakaran bensin pada ruang bakar mesin.
Jenis Busi
Jenis jenis dari elektroda busi yang sering sekali kita jumpai di pasar yaitu:
Busi biasa (nikel)
Busi tembaga
Busi platinum
Busi iridium
Comments