Jenis Busi

Jenis busi yang baik adalah busi yang mampu menahan panas dan dapat menghantarkan listrik dengan baik dan bahan yang dijadikan material busi pada elektrodanya memiliki karekteristik berbeda beda.

Busi Nickel Alloy

Busi bahan dasar nickel alloy adalah busi yang elektrodanya terbuat dari nikel yang dicampur dengan alloy tipis pada ujung katup yang menghantarkan listrik agar tidak terkikis oleh korosi panasnya listrik pengapian. Busi ini dijadikan standar pabrikan karena bahan dasar cukup murah yang dapat menekan biaya produksi dari harga jual kendaraan.

Busi Tembaga

Busi bahan dasar tembaga adalah busi yang elektrodanya terbuat dari tembaga utuh tanpa campuran lainnya. Busi ini sedikit lebih baik dari busi nikel alloy karena bisa menghantar listrik lebih baik dari yang pakai nikel alloy.

Busi Platinum

Busi bahan dasar platinum adalah busi yang elektrodanya terbuat dari logam platinum yang lebih baik dari tembaga. Busi ini lebih baik dari bahan dasar tembaga karena memiliki usia yang lebih panjang apalagi dengan nikel bisa selisih dua kali lipatnya.

Busi Iridium

Busi bahan dasar iridium adalah busi yang elektrodanya terbuat dari logam iridium yang lebih dingin dari bahan platinum saat digunakan ekstrim. Busi ini juga dikatakan sebagai busi racing harian namun jenis busi ini tidak cocok untuk motor yang bermesin silinder kecil.

Busi Paling Bagus

Terkadang timbul pertanyaan busi mana yang paling bagus buat mobil atau motor. Tentu saja busi iridium yang memiliki kelebihan fokus pengapian tertata dan paling kuat menahan panas tinggi. Jika ingin menggunakan yang lebih racing lagi pakai busi yang mempunyai elektrodanya yang berbahan sama.

Busi Iridium

Busi Standar

Busi yang dinyatakan sebagai part standar utama untuk digunakan oleh konsumen pemilik kendaraan. Standar busi disarankan oleh pabrikan otomotif untuk menjaga kinerja mesin. Part busi standar pada bawaan kendaraan akan memiliki label kode numerik khusus.

Busi Racing

Busi khusus untuk mendapatkan performa maksimal untuk membuat nyala. busi racing lebih mengutamakan efisiensi ketimbang efektifitas. Busi yang hanya didesain untuk kompetisi balapan pada sirkuit. Struktur busi yang dikatakan racing biasanya memiliki bentuk yang uniq, contoh misalkan jumlah katoda ada 3 bentuk.

Comments